Tips Memilih E-Commerce Service Provider yang Sesuai dengan Bisnis dan Usaha Anda

gambar penyedia jasa

Menggunakan platform e-commerce semakin dilirik oleh banyak orang, baik bagi penjual/pebisnis maupun oleh pembeli. Namun, bagi penjual, menggunakan dan memilih e-commerce memiliki nilai positif tersendiri. Efektivitas dan efisiensi dari segi biaya dan proses transaksi menjadi alasan utama mengapa penjual pindah ke e-commerce. Setelah memutuskan untuk menggunakan e-commerce, anda perlu memilih platform mana yang terbaik untuk usaha anda. Berikut adalah tips untuk memilih e-commerce service provider yang tepat untuk usaha anda.

Mencari e-commerce dengan fitur yang sesuai dengan usaha anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda membuat daftar platform e-commerce dan carilah fitur yang sesuai dengan usaha anda. Dalam menentukan fitur e-commerce, setidaknya terdapat 4 aspek yang harus anda pertimbangkan. Pertama adalah kebutuhan atau jenis transaksi usaha. Carilah yang sifatnya business to business [B2B] atau business to consumer [B2C]. Kedua, perihal kebutuhan teknis e-commerce-nya, seperti soal teknologi informasi, kemampuan hosting dari platform e-commerce, maupun keamanannya. Ketiga adalah dari sisi fungsionalnya. Carilah platform yang memiliki design, fitur customer service, bantuan promosi yang anda sukai. Terakhir adalah soal fitur administrasinya (fungsi self-service).

Integrasi sistem

Langkah selanjutnya adalah menelaah tentang integrasi dan penanganan sistem yang bermasalah. E-commerce yang sifatnya digital akan rentan tentang kesalahan dan tidak berfungsinya suatu program. Carilah platform yang memberikan solusi yang cepat dalam menanggulangi masalah sistem e-commerce. Selain cepat, solusi tersebut juga harus mudah anda pahami supaya dapat anda antisipasi sejak dini ketika ada peringatan gangguan sistem.

Lihat biaya yang dibutuhkan

Budget dalam dunia bisnis adalah hal yang utama. Begitupun bisnis di dalam platform e-commerce, budget akan menjadi bahan pertimbangan. Menggunakan e-commerce tentu akan lebih efisien dari segi budget dibandingkan dengan sistem offline; walau lebih murah, tetapi harus diperhatikan dengan baik. Carilah platform yang membuat anda mengeluarkan biaya paling minimal, tetapi mendapatkan fitur yang paling anda inginkan.

Langsung dapat digunakan

Setiap platform mempunyai aturannya masing-masing. Begitupun terkait dengan fitur yang dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan hasil dagangannya langsung ke website. Carilah yang memudahkan anda untuk mendapatkan uang secara online dengan cepat, tetapi juga mempertimbangkan faktor keamanannya (faktor-faktor sebelumnya).

Track record platform e-commerce

Saat ini, banyak sekali platform e-commerce yang dapat anda pilih. Jika anda baru ingin bergabung sekarang, anda dapat mempertimbangkan faktor track record dari platform yang ingin anda pilih. Track record ini dapat dilihat dari banyak penjual yang sudah bergabung sebelumnya. Pastikan banyak masukan dan nilai positif yang didapatkan oleh platform tersebut.

Budaya platform dan support capabilities

Langkah terakhir dalam menentukan e-commerce service provider adalah tentang budaya dan teknologi yang dianut. Carilah platform yang mudah anda gunakan dan anda sangat memahami seluk beluk fitur dan teknologi yang digunakan. Jika belum paham, carilah platform yang membantu anda memahami e-commerce dengan lebih baik. Hal tersebut membuat anda lebih teredukasi dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344