Mengintip Tentang Sistem Kerja Solar Cell

gambar sollar cell rumah

Banyak orang yang berpikir bahwa solar cell untuk rumah saja. Padahal solar cell tidak hanya digunakan sebagai alternatif sumber energi listrik untuk rumah saja, namun bisa digunakan untuk sumber energi listrik alternatif di tempat lainnya. Seperti halnya penggunaan solar cell sebagai sumber energi lampu penerangan jalan umum ( LPJU ) atau sebagai sumber energi lampu taman yang sering kamu jumpai.

Lalu bagaimana sistem kerja solar cell? Sehingga alat ini, dapat digunakan dimanapun? Bagi kamu yang penasaran, tak usah lama-lama. Simak saja sistem kerja dari solar cell yang telah terangkum dalam tiga tahapan kerja solar cell, berikut ini.

Mengubah Energi

Pekerjaan utama dari solar cell adalah untuk mengubah sinar matahari menjadi sebuah sumber energi listrik. Nah, untuk mengubah energi ini, solar cell menggunakan sistem fotovoltaik. Dalam sistem inilah pengubahan energi dari sinar matahari diubah menjadi aliran ( arus ) listrik. 

Penggunaan Langsung

Setelah energi sinar matahari diubah menggunakan sistem fotovoltaik tersebut, maka secara otomatis arus listrik yang dihasilkan sudah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik harian secara langsung. Bisa untuk menyalakan lampu belajar, lampu taman, pompa air maupun penerangan jalan.

Tak hanya itu, solar cell untuk rumah juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam penggunaan peralatan rumah tangga. Bahkan peralatan-peralatan yang membutuhkan listrik dalam skala besar sekalipun. Seperti halnya untuk memenuhi listrik lemari pendingin ( kulkas ), AC ( Air Conditioner ), televisi, rasio, dan lain sebagainya.

Namun untuk menyalakan peralatan rumah tangga tersebut, diperlukan sebuah inverter atau sistem VAC. Sistem VAC ini merupakan akronim dari sistem ventilasi dan tata udara. Sistem ini mampu membuat atau menciptakan suhu yang humiditas terhadap peralatan rumah tangga. Sehingga tidak akan ada over high heat pada peralatan-peralatan tersebut.

Penggunaan Selama 24 Jam

Selain penggunaan secara langsung, solar cell juga dapat digunakan selama 24 jam. Itu artinya, pada malam hari pun ( saat tidak ada sinar matahari ) solar cell dapat digunakan untuk menyalurkan energi listrik. Tapi hal ini hanya bisa terjadi bila kamu membeli solar cell untuk rumah yang disertai dengan baterai khusus untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan pada siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344