Apa itu Atap Sirap

Atap Zincalume

Atap merupakan salah satu bagian dari bangunan yang penting karena memiliki fungsi yang vital, yakni sebagai pelindung ruangan di bawahnya dari panas terik sinar matahari dan juga dari guyuran air pada saat hujan dan lain sebagainya. Tanpa adanya atap suatu bangunan belum bisa menjalankan fungsinya dengan baik, sebagai rumah ataupun gedung, atau hotel atau toko dan lain sebagainya. Atap juga terdiri dan bisa terbuat dari banyak jenis bahan, salah satunya adalah atap sirap atau atap zincalume.

Apa itu Atap Sirap (Atap Zincalume)

Atap sirap atau Atap Zincalume adalah salah satu variasi jenis atap. Atap sirap itu berbahan utama kayu, seperti yang banyak digunakan pada beberapa bangunan, yakni seperti pada suatu museum, atau di keraton, juga di balai konservasi, dan juga tempat ibadah yang menggunakan atap sirap. Bahan dasarnya biasanya adalah kayu ulin. 

Beberapa Keunggulan Atap Sirap (Atap Zincalume)

Atap sirap banyak diminati karena menimbulkan rasa sejuk yang alami, sehingga bisa menghemat biaya listrik untuk konsumsi AC (Air Conditioner) atau pendingin udara. Salah satu keunggulan dari atap sirap ini memang adalah pada kemampuannya dalam menahan dampak dari cuaca luar, baik itu hawa udara panas, maupun dingin dan juga dampak dari pengaruh air laut dan lain sebagainya. Kayu ulin bahkan juga kerap digunakan untuk konstruksi dari bantalan suatu kereta api, pada jembatan, hingga ke tiang listrik, juga kapal. Keunggulan lain dari atap sirap jika dibandingkan dengan atap genteng biasa yang terbuat dari tanah liat atau seng atau yang lainnya, ialah pada bobotnya yang bisa lebih ringan, sehingga bisa juga dikatakan bahwa atap sirap itu tahan gempa  tidak akan mudah jatuh jika suatu saat terjadi gempa, yang penting adalah instalasi atau pemasangannya dilakukan dengan baik dan benar. Hal yang lain juga adalah pada tingkat keawetan atap sirap tersebut, dengan daya pakai yang cukup lama.

Kekurangan Atap Sirap (Atap Zincalume)

Disamping berbagai keunggulan dari atap sirap itu, yakni antara lain tahan lama dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, dan lain sebagainya namun atap sirap itu juga ada beberapa kekurangannya, yakni pada relatif tingginya tingkat kesulitan pemasangannya juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pemasangannya dengan baik dan benar. Akan lebih mudah dan lebih cepat dalam pemasangan genteng biasa. Hanya tukang yang memang memiliki pengalaman dan keahlian dalam memasang atap sirap yang bisa memasangnya dengan baik dan benar.

Itulah atap sirap atau atap zincalume, yang bisa memberi kesejukan alami pada ruangan suatu rumah atau bangunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344