BATA RINGAN HEBEL DAN CARA MENDAPATKANNYA

apa itu hebel dan bagaimana cara mendapatkan tempat jual hebel murah jakarta

Jika kita mendengar kata Bata kebanyakan dari kita akan mengarah kepada bata merah, tetapi ada alternative lain selain bata merah sebagai bahan bangunan yaitu bata ringan, salah satunya adalah bata ringan hebel. Saat ini banyak sekali tempat jual bata hebel, selain itu harga jual hebel murah jakarta ini tergolong murah.

Apa bedanya bata merah dengan bata ringan hebel:

Mari kita telusuri, secara umum keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai bahan dasar konstruksi dinding bangunan, dimana  orang – orang pada umumnya sudah terbiasa dengan bata merah, lalu dimana letak perbedaannya?

Perbedaannya terdapat pada cara pembuatan dari masing masing bahan bangunan itu sendiri.

Bata merah yang dimaksud adalah bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sampai benar – benar kering, mengeras dan berwarna kemerah – merahan. Tanah yang digunakan bukan sembarang tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bias menyatu saat proses pencetakan. Rumah yang dibuat dari bata merah akan terasa lebih nyaman dan dingin, selain kokoh dan tahan lama.

Sedangkan bata ringan Hebel:

Bata ringan adalah bata yang mirip dengan beton dan sifat nya kuat, tahan akan api dan air, dalam pembuatannya melalui dengan menggunakan mesin cetak pabrik. Dan bata ini cukup ringan, dengan begitu sering disebut dengan bata ringan.

Tingkat kerataan nya cukup baik dan bertujuan memaximalkan kebutuhan material bangunan dan mempercepat waktu pembangunan, dan juga mengurangi sisa sisa material dalam pelaksanaan pembuatan dinding.

Cara mendapatkan bata ringan Hebel cukup mudah, banyak distributor melirik prospek bata ringan Hebel. Tinggal klik maka ratusan distributor akan muncul pada search engine Google. Harganya bervariasi dan bersaing. Beragam merek Hebel pun tersedia contohnya: Hebel citicon, Hebel fastcon, Hebel priority one, Hebel optima, Hebel great wall, Hebel blesscon serta Hebel merek lainnya.Atau kita bisa membuatnya sendiri jika mempunyai alat alat yang memadai. Bahan dari bata ringan berupa fly ash (abu sisa pembakaran batubara atau tebu yang banyak mengandung silika)atau dengan pasir dicampur, semen dalam wadah mixing kemudian campuran tersebut disemprot busa kimia pasta Aluminium sebagai pengembang. Setelah campuran merata dicetak sesuai ukuran yang diperlukan. Berikut ini ada video tentang cara pembuatan secara semi mekanik dan manual di India.

Fly ash/abu dari batubara yang dibakar jumlahnya ratusan ton per hari di pabrik semen tetapi tidak ada yang sisa karena utk campuran semen kecuali fly ash dari pembangkit listrik dan pengecoran biji besi, Indikasi kelangkaan pasir mulai nampak di sungai Brantas & sungai Bengawan Solo,  potensinya sudah mulai menyusut karena dibendung di hulunya & harganya menjadi 2 kali lipat. Pengeringan dilakukan hanya dengan diangin-anginkan selama 10 jam untuk bisa, dikeluarkan dari cetakan / molding bata dan disimpan ke tempat pengerasan (curring area).

So mudah kan mendapatkannya, bias menjadi alternative yang terjangkau dalam membangun rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344