Mengenal Alat Tes Kesuburan Wanita di Apotik

ilustrasi kehamilan

Menghitung masa subur bagi wanita bisa dengan memperhatikan menstruasi yang dialami setiap bulan. Bisa juga dengan memperhatikan tanda-tanda pada tubuh yang dialami. Namun kesuburan wanita bisa diketahui dengan menggunakan alat yang tentu saja praktis untuk digunakan, seperti alat tes kesuburan wanita di apotik.

Jenis-jenis Alat Tes Kesuburan

Ada beberapa bentuk alat tes kesuburan wanita di apotik yang berbeda cara penggunaannya.

  1. Strip

Memiliki bentuk pipih dan memanjang. Harga yang ditawarkan biasanya terjangkau. Beberapa orang membeli beberapa alat tes kesuburan berbentuk strip sekaligus agar bisa melakukan pengecekan secara rutin.

  1. Scope 

Alat ini menggunakan air liur sebagai media pendeteksinya. Scope bisa digunakan berulang kali sehingga lebih ramah terhadap lingkungan. 

  1. Compact

Alat ini memiliki bentuk digital. Mampu mendeteksi 2 jenis hormon yaitu hormon estrogen dan hormon luteinizing. Bahkan alat tes kesuburan berbentuk digital bisa mendeteksi masa subur dengan lebih detail dibandingkan bentuk lainnya.

Menggunakan Alat Tes Kesuburan

Cara menggunakan alat tes kesuburan tentu berbeda-beda sesuai dengan merk yang digunakan. Saat membeli alat tes kesuburan wanita di apotik biasanya terdapat cara penggunaan pada kemasannya. Namun secara umum cara penggunaannya sama, yaitu.

  1. Tempatkan urine pada wadah khusus. Atau dengan memegang alat tes di bawah vagina sehingga dapat terkena urine saat buang air kecil.
  2. Bila berhasil akan ada garis dengan warna tertentu yang menunjukkan ada tidaknya peningkatan hormon luteinizing.
  3. Dengan alat tes berbentuk digital masa subur akan ditandai dengan gambar wajah tersenyum.
  4. Hasil akan ditunjukkan pada waktu kurang lebih 10 menit.
  5. Hasil positif ditandai dengan warna atau hasil yang tidak hilang. Namun jika warna berubah-ubah dapat diartikan jika hasilnya negatif atau tidak subur.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Alat Tes Kesuburan

Praktis merupakan keunggulan yang paling utama saat menggunakan alat tes kesuburan. Seorang yang ingin mengetahui masa subur hanya perlu mengecek dengan urine atau liur saja. Tidak perlu mengecek suhu tubuh basa ataupun cairan serviks.

Pengecekan kesuburan dengan alat tes juga bisa dilakukan kapan saja tidak seperti jika harus mengecek suhu tubuh setiap pagi. Jika pengecekan dilakukan pada jam yang sama setiap harinya maka hasil yang didapatkan cukup akurat.

Untuk membeli alat tes kesuburan wanita di apotik tentu membutuhkan biaya. Meskipun ada yang memiliki harga murah namun jika digunakan bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur bisa menjadi sedikit lebih mahal. Sebab perlu dilakukan pengecekan secara lebih sering.

Ketidaktahuan akan cara membaca hasil tes juga bisa menjadi masalah. Meskipun ada petunjuk pemakaiannya tak jarang jika hasilnya susah untuk dibaca. Apalagi jika warna garis pertama dan kedua tidak memiliki perbedaan warna yang mencolok.

Namun dengan menggunakan alat tes berbentuk digital hasilnya bisa dilihat dengan lebih mudah dan jelas. Penggunaan alat tes kesuburan juga bisa dibantu dengan aplikasi pelacak masa kesuburan yang bisa dengan mudah didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344