Tips Menggunakan Invoice Online Indonesia Kepada Client

tips-menggunakan-invoice-online-indonesia-kepada-client

Adanya invoice memang bisa berguna dalam membantu proses penagihan barang dari pihak perusahaan kepada client yang melakukan pemesanan barang tersebut. Berbeda dengan tempo dahulu yang masih menggunakan sistem manual. Ternyata saat ini sudah ada  sebuah kemudahan dalam melakukan penagihan, yaitu dengan menggunakan bantuan  invoice online Indonesia.

Tips Penagihan Berjalan Dengan Baik

Meskipun anda menggunakan invoice online Indonesia dalam melakukan sebuah penagihan. Namun beberapa client tetap membandel dalam melakukan pembayaran. Alhasil proses kinerja didalam perusahaan pun akan menjadi terganggu.

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika memberikan invoice kepada para client tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan.

  1. Memberikan reward dan punishment

Tak ada salahnya jika anda menerapkan sistem reward dan punishment kepada client yang memesan barang kepada perusahaan anda. Namun jika anda akan menerapkan sistem tersebut, alangkah baiknya untuk menjelaskan di awal perjanjian atau awal transaksi yang berlangsung.

Jelaskan kepada pihak client jika mereka melakukan pembayaran dengan tepat waktu atau lebih cepat dari jangka waktu yang ditentukan, maka mereka akan mendapatkan sebuah reward. Reward tersebut bisa berupa potongan harga, point untuk sebuah undian, bahkan bisa juga berikan kupon untuk setiap pembelian yang berikutnya.

Selain itu anda juga bisa menjelaskan punishment yang berlaku ketika mereka tidak melakukan pembayaran tepat waktu. Punishment yang bisa anda berikan adalah seperti denda ataupun sistem pending pada pemesanan yang selanjutnya.

  1. Berikan alternatif metode pembayaran

Anda sebagai pihak penagih pembayaran terhadap risiko yang mungkin terjadi. Hal ini berlaku juga pada metode pembayaran. Siapkan beberapa alternatif metode pembayaran. Sebab tidak semua client bisa melakukan pembayaran secara transfer dan begitupun sebaliknya.

  1. Kejelasan dalam penagihan

Hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan ketika hendak mengirimkan sebuah invoice kepada pihak client. Pastikan semua data yang ada di dalam invoice tersebut sudah jelas dan real. Dimulai dari nama barang, jumlah barang, harga, total, tanggal pemesanan, hingga jatuh tempo pembayaran yang berlaku.

  1. Pengiriman invoice jauh hari

Hal terakhir yang bisa anda terapkan adalah melakukan pengiriman invoice jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo berlaku. Hal ini dilakukan agar pihak client bisa memiliki persiapan dalam pembayaran tagihan yang berlaku.

Sangat disarankan menggunakan invoice online Indonesia. Selain memberikan kemudahan, ternyata invoice online juga bisa dikirimkan secara otomatis dalam jangkauan waktu berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau nanya? Ngomong aja nggak usah malu +62 81113133344